Skip to main content

Proposal Kewirausahaan Ice Cream Kelor


BAB I
PENDAHULUAN

Bidang Usaha                          :  Produk Makanan
Jenis Produk                           Ice Cream Kelor
Alamat Perusahaan                 :  Bumi Kaktus

A.       Identifikasi Peluang Bisnis
Dewasa ini, bisnis kuliner menjadi salah satu bentuk bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik. Makanan biasa dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Salah satu makanan biasa yang sering kita temui adalah ice cream dengan kandungan protein yang tinggi. Namun, masyarakat mulai jenuh dengan rasa yang biasa-biasa saja, tidak adanya inovasi.
Untuk itu, diperlukan inovasi baru dalam mengolah ice cream dengan varian rasa yang berbeda. Kami mencoba mengkreasikan kelor tersebut menjadi ice cream yang sehat, bergizi, serta bentuk yang mampu mengundang selera. Kelebihan ice cream kelor yang kami buat adalah varian rasanya berbeda terhadap produk ice cream pada umumnya.

B.        Penjelasan Produk
Cara membuat produk kami tidak berbeda jauh dengan membuat ice cream pada umumnya, yaitu dengan langkah-langkah berikut ini:
1.      Siapkan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan ice cream
2.   Panaskan susu cair dan gula dalam panci 3-5 menit
3.   Masukkan ekstrak daun kelor dan kuning telur, aduk hingga rata.
4.   Tambahkan maizena yang sudah diencerkan untuk mengentalkan adonan ice cream, aduk rata, masak hingga mendidih.
5.   Tuangkan ice cream ke dalam cetakan.
6.   Masukkan ice cream kedalam freezer 5-6 jam. (Agar tekstur ice cream lebih lembut: keruk ice cream dari freezer, mixer hingga halus, masukkan kembali ke freezer hingga membeku)
7.   Keruk ice cream dalam mangkuk saji, beri topping sesuai selera.

C.    Latar Belakang Bisnis
Alasan kami menawarkan produk ini adalah karena kami ingin membuat inovasi baru dalam membuat ice cream dengan bahan dasarnya yakni kelor. Selain itu kami ingin memperkenalkan bahwa kelor tidak hanya diolah menjadi bahan sayur melainkan melainkan bisa diolah menjadi berbagai produk salah satunya adalah ice cream.  

D.     Tujuan
a.       Mendapatkan keuntungan dari produk ini
b.      Mengubah mindset masyarakat bahwa kelor tidak hanya diolah menjadi sayur saja
c.       Membuat produk makanan yang mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan masyarakat

E.     Potensi Bisnis
Produk ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena makanan ini sangat dikenal dan harganya yang ekonomis serta dapat dinikmati oleh semua kalangan. Ice cream kelor ini mampu bertahan selama kurang lebih satu bulan (selama disimpan di freezer).






BAB II
PEMBAHASAN
A.    ANALISIS SWOT
1. Faktor Internal
1)  Strength (Kekuatan)
a.       Keunggulan produk
Kami menawarkan suatu produk makanan sehat dengan harga yang ekonomis dan rasa yang lezat.
b.      Kreativitas
Kami menawarkan kreativitas baru dalam mengolah ice cream dengan varian rasa yang berbeda pada umumnya.
c.       Bahan baku mudah di dapat
Bahan baku pembuatan ice cream kelor ini tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya terjangkau.
2)  Weakness (Kelemahan)
a.       Belum memiliki cukup pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.
b.      Kurangnya Sumber Daya Manusia
Keterbatasan sumber daya manusia sebagi produsen atau pembuat ice cream kelor. Kurangnya keterampilan kami dalam proses pembuatan ice cream kelor itu sendiri.

 2. Faktor Eksternal
1)  Opportunities (Peluang)
a.       Banyaknya konsumen
Timbulnya rasa penasaran dari masyarakat sehingga mereka ingin mencoba ice cream dengan rasa terbaru, karena ice cream merupakan makanan yang sudah siap dan mudah diolah. Dengan adanya ice cream ini akan menambah variasi ice cream yang ada dan menawarkan cita rasa baru bagi masyarakat pada umumnya.
b.      Sistem pemasaran
Pemasaran yang akan kami lakukan cukup mudah. Kami akan memasarkannya dilingkungan kampus dan tempat tinggal.
2)   Threats (Ancaman)
Salah satu bentuk ancaman yang dikhawatirkan bias terjadi adalah timbulnya persepsi masyarakat.
Karena pada umumnya masyarakat menganggap bahwa kelor hanya dapat diolah menjadi sayuran saja.

STRATEGI SWOT
Strength
a.  Keunggulan produk
b.   Keterampilan dan keahlian
c.   Bahan baku mudah di dapat
Weakness
a. Belum memiliki cukup pengalaman
b. Kurangnya Sumber Daya Manusia
Opportunity
a. Banyaknya konsumen
b. Sistem pemasaran
a. Melakukan program promosi jitu
b. Meningkatkan produksi
c. Melakukan latihan terus-menerus
d. Belajar berbisnis dengan segala fasilitas yang ada dan menjalin koneksi seluas-luasnya.
Threat
a. Persepsi Masyarakat
a. Melakukan promosi kepada konsumen yang sekiranya tertarik dengan produk kami.
b. Menawarkan keuntungan yang didapat dengan membeli produk kami
a.  Memperbaiki sistem manajemen
b. Meningkatkan promosi
c. Menjaga kualitas produk

B.     PERENCANAAN BISNIS
1.      Sasaran dan Target Pasar
            Sasaran kami adalah seluruh masyarakat dari segala usia. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah sekitar tempat tinggal kami serta melakukan promosi pada rekan mahasiswa di kampus, karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok. Selain itu kami juga mempunyai rumah produksi yang siap didatangi siapa saja dan siap melayani pemesanan.
Untuk itu, kami menggalakkan promosi di berbagai media social, seperti facebook, instagram, dll. Hal ini kami maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.
2.      Pembiayaan
1.        Biaya Tetap (Fixed cost)
Di bawah ini sedikit alat yang kami gunakan:
No
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga
1
Kompor gas
1 buah
Rp.100.000
Rp.100.000.00
2
Tabung gas
1 buah
Rp.150.000
Rp.150.000.00
3
Mixer
1 buah
Rp.350.000
Rp.350.000.00
4
Loyang
1 buah
Rp.15.000
Rp.15.000.00
5
Sendok ice cream
12 buah
Rp.8.000
Rp.8.000.00
6
Cup ice cream
12 buah
Rp.12.000
Rp.12.000.00
TOTAL
Rp.635.000.00



2.      Biaya Variabel (Variable cost) - Per Produksi
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga
Tepung maizena
150 gr
Rp.5.900.00
Kelor
2 ikat
Rp.12.500.00
Telur ayam
3 butir
Rp.5.000.00
Gula pasir
1 kg
Rp.13.000.00
Perisa Vanila
1 botol kecil
Rp.4.000.00
Susu full cream
2 liter
Rp.35.200.00
TOTAL
Rp.75.600.00

3.      Biaya Total
·         Biaya total       = Variable cost + Fixed cost
= Rp. 75.600.00 + Rp. 635.000.00
= Rp. 710.600.00                             
4.        Biaya dan Harga Per Unit
·         Biaya tetap yang dibutuhkan untuk 1 kali produksi adalah Rp.635.000 x 1 Kali = Rp.635.000
·         Total biaya produksi yang dikeluarkan per produksi = Rp.75.600
·         Harga jual per buah Rp 3.000
5.        Modal Awal
·         Modal awal     = Total Biaya Tetap + Biaya Variabel untuk 1 kali produksi
                     = Rp.635.000 + Rp.75.600
                     = Rp.710.600






C.    REAL BUSINESS PLAN
1. Strategi pemasaran
Telah banyak jenis ice cream yang bisa dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan, seperti pasar, departement store dan mall. Namun dari sekian banyak tempat perbelanjaan seperti itu membuat lebih banyak pilihan dan kurang real karena tidak bisa mencoba dan memadupadankan dengan selera yang sesuai dengan konsumen. Oleh sebab itu, masyarakat harus tau tentang keberadaan produk kami. Untuk itu, kami telah menyusun strategi pemasaran. Tahapan-tahapannya sebagai berikut:
a.       Pengembangan produk
Ice cream memang telah banyak dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan. Namun kami memberikan rasa yang berbeda dan tampak lebih menarik serta lebih unik dengan bahan-bahan yang baru. Ice cream ini akan menambah cita rasa baru di dunia kuliner. Dengan adanya ice cream, diharapkan akan menambah variasi ice cream baru.
b.      Pengembangan wilayah pemasaran
Area pemasaran utama adalah di sekitar daerah tempat tinggal kami. Contohnya di kampus Universitas Tadulako Promosi dilakukan melalui kelompok-kelompok kecil sampai pada tingkat yang lebih tinggi.
c.       Kegiatan promosi
Promosi merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu usaha. Kami melakukan promosi produk kami pada tahap awal melalui mulut ke mulut. Selanjutnya dilakukan juga promosi melalui media sosial yang kini marak di dunia maya.

2. Strategi Produksi
Kami memproduksi ice cream kelor yang belum banyak ada dipasaran. Kami berusaha menciptakan suatu pembaharuan di dunia makanan khususnya ice cream. Proses produksi kami tidak dilakukan sewaktu-waktu saja. Namun berjalan terus menerus selama ada waktu luang.

3. Strategi Penetapan Harga
Harga merupakan suatu variabel yang mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis. Harga menunjukkan level dari suatu produk juga menjadi acuan tentang bagaimana produk itu seharusnya bila dilihat dari harganya. Harga yang kami tawarkan di sini, kami sesuaikan dengan sasaran kami yaitu para masyarkat menengah ke bawah. Harga kami sesuaikan dengan bahan dan berbagai variable lain. Kami akan mengutamakan kualitas makanan, dan tidak hanya berfokus mengambil keuntungan semata.

4. Rencana Pengembangan Produksi
Rencana-rencana pengembangan produksi kami antara lain:
a. Memperluas wawasan dibidang makanan khususnya ice cream.
b. Menemukan dan menciptakan cara terbaru dalam membuat ice cream.
c. Memperluas berbagai cita rasa ice cream.
d. Meningkatkan produksi









BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Ice cream kelor merupakan suatu jenis makanan yang kami buat dengan memberikan variasi rasa dan bentuk yang unik serta baru. Produk kami ini bertujuan untuk mengubah pandangan masyarakat akan kelor yang pada umumnya hanya dapat diolah sebagai sayuran.  Proses pemasaran pada tahap awal kami lakukan melalui mulut ke mulut, lalu tahap selanjutnya dilakukan melalui media sosial seperti facebook, instagram. Harga yang kami tetapkan cukup terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah dan pas untuk harga mahasiswa. Kami juga menyediakan pelayanan pemesanan ice cream kelor.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Agroindustri dan Industri Pesaingnya

Selamat Pagi dan salam akal sehat, pada kesempatan kali saya memposting sebuah makalah, karena blog ini saya buat hanya sekedar untuk hiburan dan sebagai tempat menyimpan arsip-arsip materi dari perkuliahan.  Selamat Membaca :) KATA PENGANTAR             Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa   karena atas limpahan rahmat dan karunianya kami dapat menyelesaikan makalah kami yang berjudul “Agroindustri dan Industri Pesaingnya”. Kami juga menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah menbantu kami dalam menyelesikan makalah ini.             Makalah ini kami susun untuk memenuhi syarat dalam menyelesaikan mata kuliah Ekonomi Agroindustri. Makalah ini berisi tentang bagaimana agroindustri tersebut dan industri pesaingnya. Kami sangat berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Kami sangat mengharapkan saran dari pembaca agar kedepannya kami dapat pemperbaiki penyusunan dari makalah kami. Palu,     21